Thursday, February 21, 2013

Model Busana Muslim Masa kini


GAYA BUSANA MUSLIM - Semakin berkembangnya jaman, model baju mulai mengalami pergeseran. Tentu saja pergeseran yang baik, dalam artian model baju menjadi lebih kekinian, modern dengan potongan yang chic dan nampak matching membungkus tampilan Anda. 

Warna, Motif dan Ornament pada model baju masa kini pun semakin berkembang, bila dulu permainan warna sebatas pada warna dasar seperti merah, kuning, hijau dan biru dengan beberapa tambahan jingga atau merah jambu (pink), atau warna natural seperti hitam, putih dan coklat, kini warna pada baju sudah mulai mengalami perkembangan. 

Para produsen sudah berani menampilkan warna-warna turunan warna dasar seperti merah maroon, biru dowker, kuning gading, hijau army, fanta, khaki dan lain sebagainya. Sungguh kemajuan yang menggembirakan, mengingat penampilan adalah asset penting bagi manusia dalam memasuki pergaulan yang lebih global.

Nah, tak ubahnya pada model baju muslim. 
Yang dulunya, hanya bermain pada model Gamis dan Abaya dengan motif standar, sepi ornamen dan warna yang aman. Kini baju muslim sudah mulai memasuki area mode fesyen modern, dengan mengambil beberapa elemen fesyen modern yang dipadu dengan gaya khas baju muslim yang syar’i. 

Walaupun busana muslim modern terlihat cantik, anggun namun perlu adanya catatan untuk tidak mengurangi etika dan menjaga estetika baju muslim yang sesuai ketentuan, terutama tetap harus menutup aurat.

Beberapa adab berbusana muslim yang baik :

1.  Menutup Aurat! 

Yang dimaksud aurat adalah seluruh bagian tubuh terkecuali wajah dan telapak tangan. Terutama yang harus menjadi perhatian adalah bagian dada. Pandai-pandailah dalam memilih model jilbab, kini sudah banyak model jilbab trendy yang dapat menutup dengan baik bagian dada Anda, namun tidak membuat tampilan Anda terkesan oldstyle. 

Disini Anda dapat melihat contoh baju muslim dengan tampilan masa kini.


Ukuran yang longgar. Bukan berarti pakaian longgar itu jadul. Banyak model baju berpotongan dasar yang longgar yang justru menjadi tren saat ini, , misalnya :

2. Model kurung 

Adalah pakaian khas suku melayu. Dengan potongan longgar dan lurus pada bagian pinggangnya. Baju kurung biasa digunnakan dengan selendang sebagai aksesoris, namun seiring perkembangan jaman, kini banyak modifikasi baju kurung dengan tambahan detail maupun ornament yang tidak meninggalkan model dasarnya. Untuk baju muslim, ornament yang biasa digunakan pada baju kurung adalah border dan payet.


3. Model tunik 

Adalah baju dengan model yang menutupi sebagian besar bagian badan seperti punggung, dada dan bahu, biasa dibuat dengan ukuran longgar atau lebih besar dari ukuran standar setiap tingkatan sizenya. 

Jenis tunik ada bermacam, lengan panjang, lengan pendek bahkan ada juga tunik dengan model tanpa lengan, untuk model seperti ini biasanya ditambahkan dengan manset sebagai penutup lengan. Potongan tunik seringkali lebih panjang dari paha, bahkan sampai kelutut, sangat cocok untuk pilihan baju muslim Anda.


4. Model poncho 

Adalah pakaian khas suku Indian di Peru.   Poncho sebenarnya termasuk dalam kategori baju hangat yang fungsinya untuk melindungi diri dari terpaan angin dan hujan. Potongannya yang  dibuat satu lembar dan hanya ada satu lubang di tengahnya agar kepala kita bisa masuk. 


Simple namun ukurannya yang longgar dan modelnya yang sederhana, cocok untuk dipadukan dengan baju koleksi Anda. Kini model poncho lebih bervariasi dengan tambahan aksesoris berupa kancing, kantong, atau resleting.

Pakaian yang tebal. Bagaimanapun longgarnya atau sekeras apapun Anda menutup tubuh Anda, bila penutupnya tipis apalagi transparan, semua itu akan sia-sia.

5. Tetap menjaga kesederhanaan. 

Tidak dianjurkan baju muslim yang mengkilap atau blink-blink disana sini, walaupun ada penambahan detail, tetap harus diperhatikan jenis ornament apa yang dipasang, dan seberapa kerapatan ornament itu dalam 1 baju. 

Dan lagi, tak perlu Anda mengorbankan sebagian tubuh Anda terbuka saat Anda memakai jilbab, hanya karena leher ingin dipasang aksesori berupa kalung. Atau menganggap sah-sah saja memperlihatkan telinga Anda, saat memasang anting. Pilihan baju muslim sederhana namun trendy, dapat Anda temukan disini.


6. Memperhatikan estetika. 

Menurut bahasa umum, estetika adalah segala sesuatu yang menyetuh sisi keindahan. Walaupun baju muslim tidak seperti model baju lain yang banyak bermain desain, tetap saja baju muslim yang Anda kenakan harus memiliki kesan unik, gaya dan cantik. 


7. Berkreasilah dengan baju muslim Anda, 

Dan tunjukkan keindahan berbusana muslim lewat kesederhanaan, jadilah unik! jangan pernah memakai baju model pria hanya karena ingin pakaian longgar, atau memakai jilbab dengan warna yang jauh dari warna baju kita, walaupun jilbab kita bagus.

Dengan tetap memperhatikan adab baik berbusana muslim, Andapun dapat berkreasi sebebas-bebasnya dalam memakai baju muslim.

Selamat bergaya busana muslim


0 comments:

Post a Comment

Terima kasih - Anda telah mengunjungi - GAYA BUSANA MUSLIM -